15 FILM TERBAIK TAHUN 2016 VERSI TRIZTAN FAMOUS

2:27:00 AM Admin 0 Comments


15 FILM TERBAIK TAHUN 2016 VERSI TRIZTAN FAMOUS


Tahun 2016 menyajikan pengalaman menonton yang indah bagi saya, terlebih dari sinema dalam negeri, tapi dari luar negeri juga ada banyak film yang saya saksikan, hingga saya kesulitan untuk menggolongkannya hingga 15 besar. Ada yang melebihi harapan, tapi banyak yang mengecewakan untuk dibahas. Langsung saja, ini daftar tahunan saya untuk tahun 2016;

#15. ELLE
Dibuka dengan adegan pemerkosaan wanita tua oleh sosok lelaki bertopeng hitam lalu mengalun begitu sepi dan disturbing dengan studi karakter yang wow, mengupas satu persatu lapisan kisah dengan begitu pelan tapi membuat kita tak bisa memalingkan mata karena akting Isablle Huppert yang benderan dan begitu dominan. Apalagi saat-saat masalalu Elle mulai terkuak, itu adalah saat-saat saya jatuh cinta dengan film ini dan menontonnya secara berulang.

#14. TONY ERDMANN
Saya terbahak, jengkel, gregetan, sebal saat menonton film ini. Kisah hubungan ayah-anak yang begitu menarik walau dengan durasi begitu panjang, film ini berhasil menyajikan komedi dengan begitu pintar dan membekas. Sulit untuk tidak terpikat dengan film ini. Tonton ulang film ini dan saya jamin kalian akan terbuai lagi dan lagi oleh kisahnya yang melantun dengan baik.

#13. SWISS ARMY MAN
Film ini aneh, sinting nggak jelas, tapi nagih buat ditonton ulang. Persahabatan nggak jelas tapi membuat hati hangat, sinting tapi mempesona, penuh komedi, romansa hingga haru di akhir. Saya tak pernah melihat Daniel Radcliffe sekeren ini sebelumnya.

#12. CAPTAIN FANTASTIC
Tentang keluarga hippie yang tinggal di hutan karena menolak semua hal berbau konsumenrisme dan kapitalisme yang menurut mereka memuakkan. Ada rasa hangat yang begitu melekat di dada saat kita berhasil mengikuti kisahnya dengan baik, film ini begitu indah, unik, dan dengan caranya sendiri menghadirkan komedi, kegilaan, kekonyolan dengan ending yang begitu mempesona. Ini bukan film tentang superhero, karena namanya banyak yang mengira jika film ini seperti itu, tapi film ini jauh lebih baik dari film superhero tahun ini, dijamin!

#11. ZOOTOPIA
Salah satu film yang sering saya tonton ulang karena keajaiban yang ada, untuk pertama kalinya saya merasa Disney berdiri sejajar dengan Pixar karena film ini. Sarat pesan, tapi begitu halus, menyentuh dengan karakter-karakter yang mudah disukai, gemesin. Salah satu film animasi terbaik tahun ini.

#10. KAPOOR AND SONS SINCE 1921
Sejak awal film ini menunjukkan jika film ini mempunyai pesona, dengan jalan cerita yang mengalun santai dan membuat hati hangat hingga akhirnya kita dibenturkan oleh klimaks yang begitu menggelegar. Ini adalah film yang paling sering saya tonton ulang karena magis yang masih bisa saya rasakan, tawa, haru, lucu dan hangat untuk ditonton bersama keluarga.

#9. THE HANDMAIDEN | PARK CHAN-WOOK
Saya gelagapan menonton film terbaru Park chan-wook ini, erotis, brilian, seksi, pintar, berani bermain di area tabu, penuh daya tipu dan intrik dengan intensitas terjaga dari awal hingga akhir. The Handmaiden didukung oleh castnya yang bernyali tinggi untuk beradegan telanjang ria dan erotis penuh hasrat dengan gila-gilaan. Bukan film terbaiknya memang, tapi tetap salah satu film terbaik tahun ini.

#8. SULLY
Film ini sepi dari gegap gempita peristiwa besar. tapi film ini berjalan begitu elegan menyelami psikologis tokoh Sully. Drama biasa tapi tampak begitu mempesona setelah ditonton berulang. Adagen detail pendaratan dan penyelamatan itu keren sekali.

#7. THE RED TURTLE
Film ini sepi, pelan dan sunyi. Bukan untuk penonton kecil, tapi film ini begitu dewasa yang membahas dengan baik relasi manusia dengan alam. Sesak dengan suara-suara alami yang menyejukkan telinga, kita ditempatkan sebagai pengamat dan kemudian merenungi segala momen dengan emosi membebat dada.

#6. FINDING DORY
Tidak mudah memang untuk mengulang rasa saat menonton Finding Nemo belasan tahun silam, tapi Finding Dory begitu mempesona dengan petualangan dan karakter-karakter yang mudah diingat, dengan kelucuan setara dengn pendahulunya hingga akhirnya haru dan tepuk tangan karena adegan klimaksnya.

#5. DANGAL
Adalah hal wajib bagi saya untuk menonton film Amir Khan yang akhir-akhir ini semakin selektif memilih film dan selalu tampil di film-film penuh pesona dan super duper keren. Memang lama banget sih film ini, tapi film ini nggak pernah kehabisan amunisi untuk terus disajikan kepada penonton. Apalagi penataan adegan laganya yang wow banget. Gila!

#4. YOUR NAME
Sebelum menonton film ini, saya percaya jika piala Oscar untuk film animasi terbaik akan jatuh di Zootopia atau Finding Dory, tapi setelah menonton Your Name, persepsi saya berubah. Ini adalah film animasi terbaik tahun ini. Penuh pesona, detail, cerita cinta yang menakjubkan dan ost yang juara. Menggabungkan beragam genre dengan begitu mulus dan ajaib, premis menarik, tapi tunggu film ini hingga klimaks yang mampu memporak porandakan hati hingga sesegukan. Sialan.

#3. ARRIVAL
Alien tak pernah hadir sedahsyat ini, sepi, jauh dari hingar bingar, tapi film ini intens, humanis dan penuh pesan spiritual dalam kehidupan. Film yang akan sulit dilupakan, membekas dengan begitu hebat di dalam kepala. Dahsyat.

#2. LA LA LAND
Film ini magis, langsung menghipnotis sejak pertama. Surat cinta yang manis, pahit tentang mimpi, idealisme, musik hingga hidup yang begitu realistis. Film ini penting, benar-benar digosok dari segala segi hingga menjadi karya yang begitu waw sekali. Sederhana, tapi mempesona. Begitu personal untuk orang-orang pencari mimpi seperti saya.

#1. MOONLIGHT
Film ini juga begitu personal untuk saya, sederhana, tapi begitu merasuk ke dalam jiwa lalu ditutup dengan haru biru hingga membuat dada sesak dan tertinggal lama di hati, batin dan fikiran. Benar-benar film yang teramat dahsyat tahun ini. Ayo, silahkan rasakan sendiri.

You Might Also Like

0 komentar: