20 Poster film terbaik tahun 2016 (Best Movie Poster in 2016)

12:17:00 PM Admin 0 Comments


20 Poster film terbaik tahun 2016 (Best Movie Poster in 2016)

Saya adalah orang yang mudah tervisualisasi, dan dalam dunia film, tak jarang saya langsung beranjak ke kasir membeli tiket film yang posternya membuat saya terpesona dan terperangah. Semakin lama, dunia poster film Indonesia semakin indah, bukan karena semakin sadarnya mereka akan aspek marketing, tapi juga karena selain dari trailer, jajaran cast, cerita, sutradara dan rumah produksi, poster memiliki tempat khusus untuk menarik banyak penonton. Tapi juga karena poster menjadi garda terdepan untuk mengawali langkah sebuah produksi film, dan biasanya (walaupun jarang) poster teaser sebuah film jauh lebih artistik dan menakjubkan daripada poster final yang dipajang saat film tayang di bioskop.
Untuk menutup tahun ini, dan membuat tradisi baru di blog ini, maka mulai tahun 2016, setiap akhir tahun saya akan membuat postingan tentang poster film terbaik dari luar negeri dan dari dalam negeri. Lets go!

Honorable Mentions
-          Litle Sister
-          Goat
-          10 Cloverfield Lane
-          Queen of Katwe
-          Captain Fantastic
-          Deatpool promotion poster
-          John Wick: Chapter Two
-          Don’t Breathe
-          Green Room
-          Tickle
-          Krisha
-          Suicide Squad promotion poster
-          Sing Street
-          Always Shine
-          High Rise
Oke, langsung saja, 20 poster film terbaik tahun 2016 adalah:



20. The Birth of a Nation
Sekilas memang seperti bendera US, tapi dengan detail sejarah politik sekumpulan orang berkulit hitam yang akan menyerang, melawan atau memberontak? Tapi setidaknya mereka bersatu padu untuk memperjuangkan sesuatu. Entah kenapa saya langsung terpaut dengan poster ini, bercerita banyak dan penuh tumpahan darah. Pahit, tapi layak dikenang. Apalagi dengan sapuan cat biru di pojok atas untuk judul yang begitu artistik. Menakjubkan.


19. Jackie
Saya memang penggemar berat Natalie Portman sejak Black Swan, jadi mungkin ini sedikit personal. Tapi saat pertama kali melihat poster ini, saya terpaku beberapa detik, mengagumi mimik wajah dan sorot mata sosok ibu negara yang begitu anggun, luwes dan karismatik, apalagi font “Jackie” yang begitu gurih itu. Saya angkat topi untuk poster ini.


18. Wiener-Dog
“Apa-apaan sih ni?” kata saya sambil mesem-mesem nggak jelas. Tapi di sisi lain, poster ini begitu menarik di mata saya. Bukan karena kesannya yang begitu simpel, playful dan colorful sekali, tapi karena nuansa komedi yang di hadirkan poster dengan memotret setengah tubuh anjing dan menyisakan pantat dan ekornya saja.


17. Certain Women
Simpel dan indah, adalah kesan pertama yang saya dapat saat melihat poster ini, begitu lembutnya perpaduan warna abu-abu dan coklat muda yang menjadi latar belakang beberapa tokoh dengan gaya asiran pencil, apalagi dengan font yang begitu mengikat.


16. Paterson
Seorang lelaki memandang air terjun di kejauhan dengan bingkai jembatan besi lengkap dengan seekor anjing yang duduk berlawanan arah dengannya. Komikal memang, tapi juga ada keindahan, kerelaan dan rasa pasrah disana.


15. American Pastoral
Kelam, dalam, sadis dan mampu membuat hati bergidik ngeri. Apalagi dengan pewarnaan yang suram itu. Wuidih! Juaralah.


14. Kong Skull Island
Siluet King Kong membelakangi matahari tenggelam dengan dua buah helikopter yang akan menerjang, lengkap dengan pasukan yang siap menerjang. Menjanjikan film aksi yang brutal dan indah, apalagi debut filmnya menjadi salah satu film paling berkesan di hati saya. Bener-bener nggak sabar buat nonton filmnya.



13. Complete Unknow
Artistik dan memberi kesan mendalam buat saya pribadi. Udah, itu aja, hehehe.









12. Wonder Woman
Memang sih, baru tayang pertengahan tahun depan. Tapi teaser poster ini bener-bener provokatif, ngajak orang nonton dengan semangat tinggi. Saya bener-bener suka sama siluet Wonder Woman lengkap dengan perpaduan warna sebagai latar belakangnya.



11. Kubo And Two Strings
Indah, bener-bener indah dan serasa ngajak kita buat masuk ke dunia imajinasi di dalam film. Lebih dari tiga poster Kubo and Two String yang mampu berbicara banyak untuk saya, dengan mengumbar aura magical, mistis, jepang kuno, pewarnaan dengan komposisi yang tepat. Benar-benar seperti lukisan yang mampu mengajak kita masuk ke dalam kisahnya.


10. Lo and Behold
Ribet, unik, aneh, tapi juga keren. Mampu menggambarkan dunia maya dengan tepat dan cerdas.


9. Operation Avalanche
Komikal? Teatrikal? Tapi lengkap dengan nilai artistik tinggi.
“It’s not a lie if you believe it”


8. Handmaiden
Seperti lukisan yang mampu bercakap banyak, tapi kalau dilihat secara detail poster ini ada gambar cewek bunuh diri dan lain-lain yang akan disampaikan lebih jelas di film yang menurut saya sangat layak untuk dapat piala Oscar untuk film katagori film asing terbaik.




7. The Neon Demon
Nyleneh, futuristik, asik, jadi keinget pas Lady Gaga dulu muncul. Intinya beda dan berkesan banget, apalagi sama warna-warna neon yang membuat poster ini semakin semarak dan mewah.


6. Cristine
Simple memang, tapi kalau kamu nggak tertarik sama poster film ini, berarti ada yang salah dengan dirimu sendiri.


5. Loving
Benar-benar membuat hati hangat, ekspresi nyaman Joel Edgerton dalam pelukan Ruth Negga benar-benar membuat hati hangat. Ada rasa pasrah, perih, pahit (apalagi film ini bercerita tentang hal rasis) tapi semua rasa itu dipersatukan oleh sebuah kelembutan warna yang memberi sensasi hangat di hati. Juara.




4. The Love Witch + De Palma + Free Fire
Ketiga poster film ini memiliki rasa yang seragam, unik, simple, klasik dan membawa semangat 70an. Membawa aura magis yang seketika membawa ingatan kita melayang ke poster-poster Indonesia tahun 70-80an. Dan sumpah, saya ingin punya kaos dengan gambar seperti ini.


3. The Lobster
Ada kesedihan mendalam yang tersirat jelas saat saya melihat poster ini, sepi, nelangsa, hampa dan lain-lain. Simple memang, tapi mampu berbicara banyak. Benar-benar juara, apalagi ekspresi Colin Farell itu, duh, nohok banget. Memeluk kehampaan bos.




2. La La Land
Ada tiga poster La La Land yang memikat hati saya, dua poster tampil layaknya cover album jazz dan satu poster yang menampilkan dua pemain utama menari dengan taburan lampu kota sebagai latar belakang, benar-benar mengungkap keromantisan klasik yang hampir pudar di masa sekarang, lengkap dengan berbagai testimoni yang menggugah untuk segera menghampirinya di bioskop.



1. Moonlight
Mungkin karena terbawa efek trailernya yang begitu menohok dan meninggalkan segumpal emosi mentah, tapi menurut saya Moonlight adalah film yang mampu mencuri banyak perhatian tahun ini. Jujur saya melihat Moonlight terlebih dulu dari trailernya yang mempesona itu, baru ke poster yang tak kalah penuh pesona. Ada harmoni dan keindahan yang saya rasakan ketika saya melihat poster film ini hingga poster ini saya jadikan wallpaper di tablet, handphone dan laptop saya.
Memang, banyak poster yang indah di tahun 2016 ini, tapi menyatukan wajah 3 orang di tiga fase kehidupan, lengkap dengan warna yang indah, itu luar biasa. Benar-benar indah dan padu dalam harmoni. Apalagi Moonlight digadang-gadang menjadi kandidat terkuat selain Manchester by the Sea, La La Land dan Silence, ini menambah prestasi tersendiri di koridor indie tahun ini. Selamat Moonlight, kamu berhasil mencuri perhatian dari banyak segi tahun ini.

You Might Also Like

0 komentar: